IT KONSULTAN JAKARTA

Cara Melindungi Wifi Agar Tidak Mudah Dibobol atau di Ketahui Password

Posted On By Naufal

Untuk kamu yang memasang wifi dan sering terjadi pembobolan oleh orang tidak bertanggung jawab, tentunya hal tersebut sangatlah mengganggu. Apabila orang tidak bertanggung jawab tersebut menggunakan wifi kita dengan kecepatan tinggi maka akan sangat berefek untuk para pengguna wifi lainnya yaitu menjadi lemot.

Pada umumnya wifi tersebut sudah diamankan menggunakan password. Namun, walaupun diamankan dengan password ternyata masih saja terdapat orang-orang yang bisa membobol wifi tersebut. Untuk mengetahui password wifi tersebut, biasanya orang tersebut hanya menggunakan perangkat android dan aplikasi tertentu saja.

Cara Melindungi Wifi Agar Tidak Mudah Dibobol

Namun jika kamu sudah menggunakan password yang unik dan masih saja dapat dibobol, kamu dapat mencoba menggunakan Mac Address untuk mengamankan wifi yang kamu miliki. Mac Address adalah sebuah kode unik yang terdapat pada sebuah hard ware atau juga dapat disebut dengan “Nama” dari sebuah hardware.

Perlu kamu ketahui bahwa setiap device atau hardware tentunya memiliki Mac Address yang berbeda-beda. Maka dari itu kita dapat menggunakan Mac Address tersebut untuk mengamankan wifi yang kita miliki supaya tidak mudah untuk dibobol. Kita dapat memasukkan Mac Address pperangkat tertentu ke dalam pengaturan modem.

Dengan begitu, orang yang pernah membobol wifi kita tidak bisa lagi mengakses wifi kita karena kita tidak memasukkan Mac Address orang tersebut pada modem yang kita miliki. Misalnya laptop yang kita gunakan memiliki Mac Address 0A:09:0D:0C:06 dan kita masukkan ke pengaturan modem, maka selain laptop kita tidak tidak dapat mengakses wifi yang kita miliki.

Cara Mengatur Mac Address Pada Modem Router Wifi

1. Pada artikel kali ini IT Konsultan Jakarta  akan mengatur Mac Address pada modem IndiHome Telkom. Perlu kamu ketahui bahwa setiap modem memiliki pengaturan yang berbeda-beda. Maka dari itu kamu dapat menyesuaikan dengan modem yang kamu gunakan. Pada intinya pengaturan ini akan membatasi pengguna dengan Mac Address. Pastikan Mac Address yang kamu masukkan itu benar. Dengan begitu selain Mac Address yang diijinkan tidak dapat mengakses wifi lagi walaupun memasukkan password yang benar.

2. Berikutnya masuk ke pengaturan modem dengan cara mengetik kan Ip Address 192.168.1.1 (IP Default) atau mungkin IP lainnya yang terdapat pada modem pada browser. Namun, jika kamu tidak mengetahui IP modem kamu, kamu dapat menanyakan pada teknisi Telkom IndiHome.

3. Jika kamu sudah berhasil login atau masuk ke pengaturan modem, silahkan kamu masuk menu Securit > Firewall > lalu aktifkan Mac Filtering dengan cara klik Enable > kemuadiantambahkan Mac Address yang telah kita tentukan untuk mengakses wifi dengan cara klik klik Add.

4. Terakhir silahkan kamu klik Apply dan restart modem kamu agar lebih sempurna.