IT KONSULTAN JAKARTA

Cara membuat sitemap website di cPanel

Posted On By Naufal
Cara membuat sitemap website di cPanel

Kali ini IT Konsultan Jakarta akan membahas tentang “Cara membuat sitemap website di cPanel“. Apakah itu sitemap? Istilah ini sering anda temui dalam pembahasan SEO (Search Engine Optimization), fungsi dari sitemap dari suatu website adalah untuk membuat struktur dari website tersebut sehingga mempermudah search engine seperti Google untuk merambah situs tadi. Ini akan berpengaruh lebih banyak halaman web yang dimasukkan indeks pencarian dan dalam waktu yang lebih cepat.

Bila anda menggunakan CMS seperti WordPress maka sudah terdapat plugin untuk otomatis membuat sitemap, tapi bila anda membuat website tanpa CMS atau tidak ada fitur memetakan situs anda – jangan sampai secara manual membuatnya sendiri. Umumnya anda akan menghosting website anda dengan menggunakan cPanel, sebenarnya disini sudah ada fitur membuat sitemap secara otomatis dan cukup dengan 1 klik saja.

Tentu pertama anda harus login dulu ke cPanel website anda, setelah itu cari bagian SEO and Marketing Tools. kemudian Klik One-Click Sitemap.

cpanel-seo-and-marketing-tools

cPanel akan mengakses alat SEO dan Marketing website anda.
cpanel-one-click-sitemap

Selanjutnya halaman Attracta sebagai penyedia layanan SEO akan terbuka, klik Go To SEO Tools untuk melanjutkan proses.
attracta-website-panel
Klik saja Complete This Step pada tahap Get In Google.
attracta-get-in-google
Selanjutnya klik Create and Submit Sitemap.
attracta-create-and-submit-sitemap
Attracta akan otomatis membuat sitemap dari website anda dan mendaftarkannya ke Google, Bing, Yahoo dan Ask.
attracta-create-and-submit-sitemap-done
Sitemap anda akan muncul dan diproses dalam waktu 72 jam.

Sekarang dimana lokasi dari sitemap website itu kalau anda ingin men-submitnya secara manual? Pertama perhatikan alamat website anda di Attracta, catat nomor identitasnya.
attracta-website-id
Kemudian ketikkan alamat berikut http://cdn.attracta.com/sitemap/35****1/0.xml.gz, dimana 35****1 adalah id dari situs tersebut di Attracta, anda bisa menggantikan dengan id website anda.
attracta-website-sitemap-xml-gz
Gunakan alamat sitemap diatas untuk disubmit ke Google, Bing atau Yandex. Karena ini adalah pembuatan sitemap secara manual, anda perlu membuat baru setiap kali anda melakukan update atau dalam interval waktu tertentu.