Cara Memperbaiki Error 5B00 Pada Printer Canon

Cara Memperbaiki Error 5B00 Pada Printer Canon

Kali ini IT Konsultan Jakarta akan membahas tentang “Cara Memperbaiki Error 5B00 Pada Printer Canon” . Seharian saya kemarin mengurus printer Canon Pixma MP280 Series di kantor yang tiba – tiba gagal mencetak dan malah muncul pesan error dengan kode 5B00. Ya terjadi tiba – tiba begitu saja padahal kemarinnya masih normal, saat dicek tintanya sendiri masih cukup untuk print dokumen. Agak aneh jadinya.

Usut punya usut ini adalah masalah pada tinta tersisa yang tidak digunakan (Wasted Ink) sudah penuh dan sudah dihitung otomatis oleh printernya. Kalau saran secara resmi Canon menganjurkan agar dibawa ke service center untuk diperbaiki atau diganti baru komponennya. Padahal ini belum tentu perlu.
canon-pixma-mp280-error-number-5b00

Solusinya karena ini bukan menggunakan sensor adalah dengan mereset printernya masuk ke Service Mode dulu berdasarkan manual MP280, jadi senam jari dulu ya:

  1. Matikan printernya tapi tetap terpasang kabel listrik.
  2. Sambil menahan tombol STOP/RESET tekan dan tahan tombol POWER
  3. Lepaskan tombol STOP/RESET dan tekan tombol ini 5 kali.

Setelahnya Windows akan mengenali adanya perangkat baru dan menginstall driver printernya. Harap dicancel dulu. Oh ya, kalau tipe printer anda lain harap cek buku manualnya soal cara resetnya, tidak mesti sama soalnya.

Selanjutnya kita perlu mengutak – atik EEPROMnya lewat Service Tool, download dan jalankan. Tool ini cuma berjalan lewat USB. Kemudian set nilai Ink Absorber Control menjadi 0 dan klik EEPROM Save setelahnya. Kemudian coba gunakan, restart printernya sekalian bila perlu.

Sanggahan juga, karena solusinya membutuhkan modifikasi sistem internal printer maka ada resiko gagal diperbaiki atau malah memperparah kerusakan. Harap anda yakin dulu apa perlu mencoba memperbaikinya sendiri dan siap menerima resikonya karena dititipkan ke service center Canon akan lebih menjamin hasilnya.