Cara memperbaiki file RAR dan ZIP yang rusak di WinRAR

Cara memperbaiki file RAR dan ZIP yang rusak di WinRAR

Kali ini IT Konsultan Jakarta akan membahas tentang “Cara memperbaiki file RAR dan ZIP yang rusak di WinRAR“. Kalau arsip ZIP atau RAR anda rusak seperti CRC error, corrupt dan tidak bisa diekstrak masih ada harapan untuk bisa diperbaiki. Sedikit catatan saja sebelum anda bersorak sorai bahwa ada cara pasti memperbaiki atau menyelamatkan file RAR yang rusak. File yang dikompres dalam format RAR harus diberi recovery record terlebih dahulu baru ada kemungkinan besar berhasil.

Anda bisa membaca penjelasan mengenai recovery record format RARterlebih dahulu dan cek juga apakah file RAR tersebut memilikinya. Kalau ada maka prospeknya cerah, kalau tidak… ya jelas kecil kemungkinan berhasilnya. Sedangkan untuk file ZIP yang rusak, kemungkinan diperbaiknya sama besar dengan file RAR biasa yang tidak diberi recovery record.

winrar-archive-information

Ada atau tidak mungkin anda masih mencoba menyelamatkan data anda, maka buka dulu program WinRAR.
winrar

Pilihlah file ZIP atau RAR yang bermasalah kemudian tekan tombol Repair yang terletak di toolbar sebelah kanan, atau anda menekan tombol shortcut Alt+R.

WinRAR akan langsung mengenali tipe kompresi yang digunakan, tapi nanti akan keluar pilihan dengan judul Archive types. Pilih “Treat the corrups archive as RAR” bila filenya bertipe RAR, sedangkan pilih “Treat the corrups archive as ZIP” bila tipenya adalah ZIP.
winrar-repair-archive

Bila pada file RAR ditemukan recovery record maka WinRAR akan menggunakannya untuk memperbaiki file RAR, kemungkinan suksesnya lebih besar.
winrar-repair-rar-archive

Tapi jika file RAR tersebut tidak memiliki recovery record maka akan persis sama dengan file ZIP. Pada proses perbaikan file ZIP WinRAR akan berusaha sebaik – baiknya memperbaiki satu persatu isi arsipnya.
winrar-repair-zip-archive

Setelah proses perbaikan selesai akan dibuat file arsip baru dengan tambahan nama rebuilt atau fixed di depannya.

Kalau file RAR atau ZIP yang anda miliki tidak terdapat recovery recordnya dan mengalami kerusakan seperti CRC error, corrupt dan semacamnya; Maka anda bisa mencoba memaksa WinRAR untuk mengekstrak file – file di dalamnya. Tapi harap anda ingat bahwa file hasil ekstrakan ini pasti mengalami kerusakan tapi entah seberapa parah, contohnya bila isinya adalah file video maka di beberapa bagian akan terlihat glitch atau gambar pecah.