IT KONSULTAN JAKARTA

Cara Memperbaiki Missing Operating System

Posted On By Naufal
Cara Memperbaiki “Missing Operating System” atau “Operating System not found”

Cara Memperbaiki “Missing Operating System” atau “Operating System not found”

 

Muncul pesan error “Missing Operating System” saat menghidupkan komputer, entah kenapa sistem operasi Windows 7 yang sudah terinstall didalam harddisk hilang tidak berbekas. Mulailah saya mencari cara untuk memperbaikinya dan mengembalikan Windows ke kondisi semula.

Dari hasil pencarian di internet ternyata ada pesan kesalahan selain “Missing Operating System” yaitu “Operating System not found” yang menandakan hal yang sama bahwa sistem operasi tidak ditemukan.

 

Berikut ini adalah beberapa solusi yang pernah saya coba, silahkan anda pilih dari yang termudah untuk anda.

Lepaskan perangkat USB yang tidak penting

Ini adalah penyebab error yang paling sepele. Kadang kalau ada perangkat USB seperti Flashdisk atau Harddisk eksternal bisa membuat BIOS bingung harus booting dari mana, dan ini bisa mengubah prioritas booting dari harddisk yang berisi sistem operasi ke perangkat lain secara otomatis. Coba lepaskan seluruh hardware USB yang terpasang kecuali mouse dan keyboard.

Ubah urutan prioritas booting di BIOS

Senada dengan cara sebelumnya, ada kemungkinan urutan booting di BIOS secara tidak sengaja berubah. Akses BIOS anda saat pertama kali dinyalakan komputernya. Kemudian tekan tombol F2 atau Delete untuk masuk ke menu BIOS, cari bagian Boot Priority dan ubah ke harddisk yang berisi sistem operasi.

asus-bios

Gunakan System Recovery

Silahkan masukkan DVD instalasi Windows dan booting dari media tersebut. Kemudian pada jendela System Recovery Options pilih  Startup Repair Automatically, tunggu prosesnya sampai selesai dan coba masuk kembali ke Windows.

Jalankan proses Checkdisk

Kalau masih gagal juga maka pada jendela yang sama pilih Command Prompt. Pertama silahkan coba lakukan Checkdisk pada partisi Windows (biasanya adalah C:\)dengan perintah berikut:

chkdsk c: /f /r – Perintah ini akan memperbaiki error dalam harddisk anda dan kalau bisa memulihkan data yang hilang juga.

 Tunggu prosesnya sampai selesai dan restart.

Perbaiki setting boot Windows

Dengan menggunakan command prompt juga kemudian ketikkan perintah berikut secara berurutan:

  1. bootrec.exe /fixmbr – Perintah ini akan membuat MBR (Master Boot Record) baru, tidak akan menghapus data partisi harddisk.
  2. bootrec.exe /fixboot – Perintah ini akan menambahkan sektor boot baru, kalau rusak ada kemungkinan tidak bisa diperbaiki dan Windows gagal dijalankan.
  3. bootrec.exe /rebuildbcd – Perintah ini untuk memperbaiki instalasi Windows yang berhasil dikenali.

Cek kabel Harddisk yang terpasang

Bisa juga kabel yang terpasang pada harddisk atau motherboard mulai longgar, kalau anda berani silahkan bongkar casing PC atau laptop anda dan lepas kemudian pasang kembali kabelnya.

Dsimic / CC BY-SA 3.0 / Wikimedia Commons

Dsimic / CC BY-SA 3.0 / Wikimedia Commons

Apabila semua cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah ini maka anda terpaksa melakukan instalasi ulang Windows.