Cara Memperbaiki “Userinit logon application has stopped working” di Windows

Cara Memperbaiki “Userinit logon application has stopped working” di Windows

Kali ini IT Konsultan Jakarta akan membahas tentang “Cara Memperbaiki Userinit logon application has stopped working di Windows“. Apakah anda sedang mengalami ini? Saat Windows sedang dimuat dan pada proses logon keluar pesan “Userinit logon application has stopped working”, kemudian tampil layar kosong berwarna hitam dan kursor mouse yang setia menemani anda.

 

host-process

Masalah ini disebabkan jika nilai key Userinit di Registry Windows telah dimodifikasi, seperti nilai registry tersebut ada isinya tapi tidak menuju data yang benar.

Metode 1 : Menggunakan Registry Editor

Secara umum metode ini dapat digunakan di Windows XP, Vista dan 7. Cara ini menggunakan bantuan registry editor (regedit) untuk memperbaikinya. Lebih baik anda masuk ke Safe Mode terlebih dahulu, caranya dengan menekan tombol F8 sebelum loading Windows kemudian pilih Safe Mode.

Klik Start, ketik regedit di kotak search atau di dialog Run, kemudian tekan ENTER.

windows-run-enable-regedit

Kemudian navigasikan dan klik registry key berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ Windows NT \ CurrentVersion \ Winlogon

regedit-winlogon

Dalam pane di sebelah kanan, ubah nilai Userinit dengan double click atau klik kanan dan pilih Modify. Dalam jendela Edit String ubah Value data menjadi C:\Windows\System32\userinit.exe, dan kemudian klik OK.

regedit-userinit-edit-string

Catatan: Anda bisa mengubah lokasi partisi drive Windows terinstall, disini saya mengasumsikan di drive C:/, bila terletak di drive lain misal D maka ubah ke D:/. Kemudian tutup Registry Editor dan restart komputer.

 

Metode 2 : Booting dari DVD Windows atau System Repair Disc

Bila cara diatas tidak berhasil dan anda menggunakan Windows Vista atau 7, silahkan ikuti cara berikut.

Masukkan DVD instalasi Windows atau System Repair Disc bila ada, kemudian setting supaya komputer booting dari CD/DVD drive anda. Pilih “Repair your computer” bila tersedia, pilihan ini tergantung dari versi Windows anda.

Selanjutnya pilih “Command Prompt”.

  1. Ketik cd \windows\system32 dan tekan ENTER.
  2. Ketik move userinit.exe userinit_old.exe dan tekan ENTER.
  3. Ketik cd \windows\SysWOW64 dan tekan ENTER.
  4. Ketik copy userinit.exe c:\windows\system32 dan tekan ENTER.
  5. Ketik exit dan tekan ENTER.
  6. Restart komputer anda.

Tujuan dari booting menggunakan media instalasi Windows adalah untuk mengakses command prompt dan melakukan penggantian file userinit.exe dengan yang masih baik.

Bila anda masih ragu melakukan cara – cara diatas untuk memperbaikinya, ada cara darurat untuk menggunakan Windows secara normal. Panggil Task Manager dengan Ctrl+Alt+Del atau Ctrl+Shift+Esc, kemudian pilih Run atau tekan Ctrl+R dan isikan dengan explore – maka proses Windows Explorer akan muncul dan bisa dipergunakan. Cara ini perlu anda lakukan setiap kali masuk Windows selama anda belum berhasil memperbaikinya.