IT KONSULTAN JAKARTA

Cara Mencegah Restart Saat BSOD

Posted On By Naufal

Bluescreen of Death (BSOD) merupakan layar biru yang patut ditakuti karena pasti membawa kabar buruk mengenai kondisi komputer anda, biasanya ini disebabkan driver hardware atau ada konflik pada hardware yang terpasang.

Kesimpulannya ada masalah dengan perangkat keras di komputer anda. Informasi mengenai apa yang menyebabkan BSoD sebenarnya juga muncul, tapi kadang malah langsung dengan cepat direstart oleh Windows saat terjadinya..

blue-screen-of-death-ati2dvag-dll

Karena itulah sebaiknya kita cegah Windows untuk melakukan restart otomatis saat berlangsungnya Blue Screen of Death.

Panduan ini menggunakan Windows 7 sebagai dasarnya, silahkan adaptasikan untuk jenis sistem operasi Windows lainnya. Untuk mengubah settingnya maka anda perlu mengakses System Information, buka Start menu dan klik kanan pilih Properties pada Computer.

windows-7-start-computer

Pada System Information klik “Advanced system settings”.
windows-7-system-information

Maka jendela System Properties akan terbuka, pindahkan tab ke Advanced. Kemudian perhatikan bagian Startup and Recovery dan klik Settings.
windows-system-properties-advanced
Di jendela settings Startup anda Recovery cari bagian System Failure, selanjutnya hilangkan centang pada Automatic Restart. Klik OK untuk menyimpan konfigurasi anda yang baru. Setelah ini setiap kali terjadi BSOD maka Windows tidak akan otomatis restart.
windows-7-startup-and-recovery
Bagaimana kalau BSOD tidak muncul kembali atau anda tidak ingin mengubah settingnya tapi anda tetap ingin membaca informasi mengenai error yang anda alami? Anda bisa menggunakan software BlueScreenViewuntuk mendapatkan informasi mengenai error BSOD yang baru saja anda alami.