Cara Mengatasi “A disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restart.”

Cara Mengatasi “A disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restart.”

Mengatasi “A disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restart.”

 

Salah satu pesan kesalahan yang membuat saya frustasi adalah “A disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restart.”, yang walaupun direstart juga akan tetap muncul error yang sama. Nah… ada beberapa solusi yang bisa anda coba untuk memperbaiki masalah ini, mungkin salah satunya bisa bekerja untuk anda.

Dari bunyi errornya dapat disimpulkan kemungkinan adanya kerusakan pada hal – hal yang berhubungan dengan harddisk, ini bisa software atau hardware yang nanti anda bisa diagnosa sendiri.

Cek kabel data Harddisk anda

Mungkin kabel data dari motherboard ke harddisk kendor atau terjadi kerusakan, silahkan coba lepas dan pasang kembali. Kalau masih belum bisa coba digantikan dengan kabel baru.

Ganti mode Master atau Slave

Ini kalau harddisknya masih bertipe ATA yang sudah sangat jarang ditemukan sekarang karena sudah tidak dijual lagi barunya. Coba lepas harddisk anda dan cek dibelakangnya ada semacam switch atau jumper untuk mengubah mode dari Master ke Slave dan sebaliknya. Sedangkan pada tipe SATA sudah tidak ada mode – mode semacam ini.

Reset konfigurasi BIOS

Alternatifnya coba reset setting BIOS anda, kembalikan ke default. Cara akses BIOS adalah dengan menekan tombol F2 atau Delete saat pertama kali menyalakan komputer.

asus-bios

Lepaskan baterai CMOS

Masih berhubungan dengan BIOS, kalau setting default tidak membantu anda maka coba lepaskan baterai CMOS di motherboard dan pasang kembali.

Repair instalasi Windows

Cara ini mewajibkan anda memiliki installer Windows, silahkan booting menuju DVD atau USB Flashdisk yang berisi setup Windows. Tapi janganlah memilih install ulang, Silahkan cari Repair Windows installation. Yang dilakukan sebenarnya adalah seluruh file sistem Windows akan diganti yang baru sehingga akan normal kembali. Anda bisa mengikuti panduan untuk memperbaiki instalasi Windows XP.

Memperbaiki booting Windows

Sekali lagi kita masih membutuhkan installer Windows, tapi kali anda mengakses command prompt. Kemudian ketikkan perintah:

  1. fixmbr  dan tekan ENTER. (untuk memperbaiki MBR (Master Boot Record))
  2. fixboot , tekan ENTER. (untuk memperbaiki setting boot Windows)

Keluar dari command prompt dan restart.

Sekilas dapat dilihat solusi untuk mengatasi masalah ini lebih ke arah teknis dengan membongkar komputer, karena itu saya sarankan kalau tidak yakin lebih baik serahkan ke teknisi atau service center saja daripada rusaknya tidak bertambah parah. Sekalian lepas harddisk anda dan pasang di PC lain untuk dibackup datanya daripada ada resiko kehilangan data.