Cara Mengatasi “DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER”

Cara Mengatasi “DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER”

Mengatasi “DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER”

 

Saat saya menyalakan komputer bukannya masuk ke loading Windows malah terhenti pada proses cek BIOS dan kemudian muncul pesan error: “DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER”.

Jadi entah kenapa tiba – tiba muncul pesan kesalahan ini padahal sebelumnya tidak bermasalah, bingung juga mencari penyebab kerusakannya. Tapi setelah mencari tahu dan mencoba – coba berbagai macam solusi ada beberapa hal yang bisa kita coba dahulu.

Oh ya, coba anda tekan CTRL+ALT+DEL saat muncul error ini, komputer akan restart dan kadang bisa booting dengan normal kembali.

 

Prioritas booting sistem operasi salah

Ini adalah salah satu penyebab paling sepele, ada kemungkinan urutan booting sistem operasi dari harddisk berubah secara tidak sengaja. Silahkan anda akses menu BIOS anda dengan menekan tombol F2 atau Delete dan cari bagian Boot Options. Perhatikan apakah urutannya sudah benar bahwa harddisk yang berisi Windows adalah yang pertama (Primary) dan bukan Flashdisk, DVD Drive, SSD dan sebagainya.

asus-bios

Matikan SMART

Mumpung kita membahas BIOS maka sekalian kita mengenal SMART (Self-Monitoring Analysis and Reporting Technology) yang adalah teknologi untuk mendeteksi kondisi harddisk, jadi bila ada masalah atau kerusakan akan dilaporkan dan ini memang bisa menghentikan proses booting di awal. Ada kalanya proses pengecekannya terlalu agresif padahal tidak ada masalah berarti, anda bisa mematikannya di BIOS.

Lepaskan perangkat eksternal yang terpasang

Bahkan terkadang anda tidak perlu mengakses BIOS, pastikan tidak ada flashdisk atau media penyimpanan lain yang bootable sedang terpasang. Ini bisa membuat motherboard anda berusaha menjalankan sistem operasi dari perangkat eksternal yang terpasang.

Cek kembali kabel harddisk

Kalau anda berani silahkan bongkar casing PC atau laptop anda, cek kembali kabel yang terpasang apakah sudah kendor. Walaupun tidak ada masalah yang terlihat, lepas dan pasang kembali saja kadang bisa memperbaikinya. Jangan sampai salah menggunakan konektor kabelnya, ini bisa jenis IDE, PATA atau SATA.

Dsimic / CC BY-SA 3.0 / Wikimedia Commons

Jalankan system repair dari media instalasi Windows

Anda memerlukan CD/DVD/USB Flashdisk instalasi Windows. Silahkan ubah urutan booting ke media instalasi Windows tersebut pada BIOS. Nanti akan muncul pilihan untuk melakukan instalasi, nah coba pilih System Repair untuk otomatis memperbaiki gagal booting ini.