IT KONSULTAN JAKARTA

Cara Mengatasi Gagal Upgrade Windows 10

Posted On By Naufal
Cara Mengatasi Gagal Upgrade Windows 10
Kali ini IT Konsultan Jakarta akan membahas tentang “Cara Mengatasi Gagal Upgrade Windows 10“. Seperti yang kita tahu bahwa setiap pengguna Windows 7, 8, 8.1 dan edisi lainnya akan ditawari upgrade gratis ke Windows 10. Nah… tanggal 29 Juli kemarin adalah saat diluncurkannya secara resmi Windows 10 dan ini berarti komputer anda bisa dimigrasikan ke versi terbaru Windows. Tapi kasusnya laptop teman saya tidak selancar itu prosesnya, gagal walaupun Windows 7 SP1 (64-bit) adalah asli dan sudah memasang update terbarunya.
Jadi kemarin saya berusaha mencari solusinya dan saya sekalian catat disini untuk membantu anda yang mengalami masalah yang sama.
Dan akhirnya saya berhasil. :)

Dan akhirnya saya berhasil.

Pertama adalah metode memaksa Windows Update mengulangi dan mengenali bahwa upgrade sudah bisa dieksekusi, tapi anda diwajibkan membersihkan dulu folder updatenya di lokasi C:\Windows\SoftwareDistribution\Download. Hapus saja semua folder didalamnya, ini akan membuat isi Windows Update menjadi kosong seperti baru diinstall.

windows-7-software-distribution-download

Kemudian jalankan command prompt dengan hak administrator (klik kanan dan pilih run as administrator), dan ketikkan perintah wuauclt.exe /updatenow.

cmd-wuauclt-updatenow

Maka proses pembaruan Windows akan berjalan (siapkan internet dengan kecepatan tinggi atau tinggal tidur saja), dan semestinya dalam jendela command prompt tadi akan muncul notifikasi upgrade ke Windows 10.

Kedua adalah melalui Windows 10 Media Creation Tool. Kalau cara ini yang dilakukan sebenarnya adalah mendownload file – file sistem operasi Windows 10 untuk memasang upgrade (pilih Upgrade this PC now) atau instalasi ulang (pilih Create installation media for another PC).

windows-10-media-creation-tool

Tapi saat saya mencobanya kok muncul pesan error “Something happened 0x80070002 – 0x20016”. ? Saya juga bingung solusinya kalau muncul pesan error ini.

Ketiga dan cara inilah yang berhasil bagi saya adalah melalui setting registry Windows. Silakan jalankan regedit dan buka lokasi berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\WindowsUpdate\OSUpgrade. Kemudian klik kanan dan buat sebuah key baru didalamnya bernama “AllowOSUpgrade” bertipe DWORD 32-bit, tanpa tanda kutip dan harus persis sama huruf besar kecilnya. Ubah nilainya menjadi 1 dalam jenis hexadecimal.

regedit-allowosupgrade-windows-10

Akhirnya tutup jendela regedit dan jalankan Windows Update lagi, niscaya dengan salah satu solusi diatas mampu memaksa sistem operasi anda sekarang menjalankan upgrade Windows 10 secara manual.