IT KONSULTAN JAKARTA

Cara Mengatasi Lemot Di Windows 10

Posted On By Naufal
Cara Mengatasi Lemot Di Windows 10

Kali ini IT Konsultan Jakarta akan membahas tentang “Cara Mengatasi Lemot Di Windows 10“. Banyak pembaca AplikasiPC yang mengeluhkan tiba-tiba komputer mereka menjadi lambat. Seperti contohnya, saat membuka File Explorer, maka jendela yang muncul sangat bertahap (lag), sehingga memakan waktu lama untuk terbuka. Meskipun masalah ini juga dapat disebabkan karena driver VGA yang kurang cocok, namun pada kasus kali ini driver bukan penyebabnya. Masalah ini terjadi saat setelah kita mengupgrade Windows ke Windows 10 Fall Creators Update.

Windows Defender - Control Flow Guard

Windows Defender – Control Flow Guard

Terdapat dua gejala jika Windows 10 Anda terkena masalah ini:

  1. File Explorer terbuka lebih lama dari biasanya
  2. Kita dapat melihat dengan jelas lag saat jendela dibuka

Saat kita cek ke Task Manager, disini tidak ada aktifitas abnormal, pemakaian RAM dan CPU sangat wajar, bahkan di bawah 5%. Ketika digunakan untuk menjalankan games 3D pun sangat lancar. Alasan sesungguhnya penyebab masalah ini ialah karena inti dari Windows Defender di update oleh Microsoft. Windows Defender saat ini memiliki fitur perlindungan baru yang dijuluki Exploit Protection yang mengadopsi teknologi Control Flow Guard.

Control Flow Guard (CFG) merupakan platform keamanan yang dibuat secara khusus untuk memerangi kerentanan terhadap memory corruption. Dengan cara memperketat saat kode di eksekusi, CFG dapat mempersulit exploit seperti contohnya buffer overflows.

Cara satu-satunya untuk mengatasi Windows 10 lambat yang dikarenakan CFG ialah dengan cara menonaktifkan fitur tersebut lewat Windows Defender Security Center.

 

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot

Langkah 1: Langkah pertama, buka Windows Defender Security Center. Caranya, buka Start Menu lalu ketik Windows Defender dan pilih Windows Defender Security Center.

Windows Defender Security Center

Langkah 2: Klik pilihan App & browser control.

Langkah 3: Scroll hingga bagian Exploit protection muncul lalu klik link Exploit protection settings.

Windows Defender - Exploit Protection

Langkah 4: Pada halaman ini, ubah opsi Control Flow Guard (CFG) ke posisi Off by defaultmenggunakan dropdown yang disediakan.

Windows Defender - Control Flow Guard

Selesai! Restart komputer Anda dan coba kembali membuka aplikasi yang sebelumnya terasa lambat ketika dibuka.