IT KONSULTAN JAKARTA

Cara Mengatasi One or more network protocols are missing on this computer

Posted On By Naufal
Cara Mengatasi One or more network protocols are missing on this computer

Kali ini IT Konsultan Jakarta akan membahas tentang “Cara Mengatasi One or more network protocols are missing on this computer“. Masalah pada WIndows di laptop HP1000, Kasusnya sudah berhasil tersambung dengan WiFi tapi anehnya tidak bisa online sama sekali. Browsing tidak muncul apa – apa, main game juga dinyatakan tidak ada koneksi.

Akhirnya dicoba menjalankan Windows Network Diagnostics, dan berhasil dideteksi adanya masalah. Muncul pesan One or more network protocols are missing on this computer. pada hasil analisanya. Kemudian untuk tahu lebih detail saya klik pada Issue found dan ada penjelasan Windows sockets registry entries required for network connectivity are missing. Setidaknya kita tahu ada yang salah terhadap setting Windows sekarang.

Catatan: Solusi – solusi yang saya bicarakan bukan untuk dilakukan semua secara bersamaan. Coba dulu satu, kalau gagal baru lanjutkan ke metode lainnya.

Sebelum anda coba mengutak – atik konfigurasi Windows coba matikan dulu antivirus anda atau software firewall yang ada. Kadang hal inilah yang bisa menghalangi aktivitas online komputer.

Alternatifnya silahkan buka Device Manager dan pada daftar perangkat yang ada klik kanan pada network adapters yang berhubungan, bisa untuk LAN atau WiFi tergantung masalah anda terjadi pada saat menggunakan yang mana. Kemudian klik kanan dan pilih Uninstall. Sesaat kemudian klik kanan lagi dan pilih Scan for hardwares changes.

device-manager-context-menu

Masih berhubungan dengan driver. Coba cari driver dari network card yang terpasang pada PC atau laptopnya. Update driver bisa menjadi solusinya.

Ganti DNS server yang digunakan Windows, coba pakai milik Google atau OpenDNS. Tapi cara ini kurang ampuh di Indonesia karena oleh ISP akan dibajak settingnya. Saya sarankan gunakan DNSCrypt kalau masih belum diblokir.

windows-7-ipv4-configuration

Mematikan Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) kadang berhasil mengatasi masalah ini.

Panggil command prompt dan kita akan mereset konfigurasi Winsock. Ketikkan perintah netsh winsock reset dan ENTER.
Masih di command prompt, anda bisa mengeksekusi perintah – perintah berikut juga:
netcfg -d
ipconfig /release
ipconfig /renew
ipconfig /flushdns
ipconfig /registerdns

Terakhir untuk metode command prompt kita akan mereset konfigurasi IP. Jalankan perintah netsh int ip reset dan tekan ENTER.

Semoga sukses memperbaikinya. Ini cocok – cocokan soalnya, kadang satu solusi bisa di laptop tertentu yang satunya cuma bekerja di lainnya. Tidak ada jaminan berhasil jadinya.