IT KONSULTAN JAKARTA

Cara mengatasi peringatan Warning! Case open detected

Posted On By Naufal
Cara mengatasi peringatan Warning! Case open detected

Kali ini IT Konsultan Jakarta akan membahas tentang “Cara mengatasi peringatan Warning! Case open detected“. Peringatan Warning! Case open detected! atau Warning: Chassis Intrusion dan semacamnya yang ditampilkan pada setiap proses booting atau menyalakan komputer merupakan petunjuk dari BIOS atau UEFI bahwa casing dari komputer anda tidak terpasang dengan benar.

Peringatan ini sebenarnya tidak menunjukkan ada sesuatu yang rusak atau berbahaya dalam komputer anda, tapi akan cukup mengganggu bila pada setiap saat menyalakan akan muncul dan harus menekan tombol tertentu untuk melewatinya (biasanya F1) supaya bisa booting dengan normal.

Penyebabnya hardware atau software?

Cara mengatasinya bisa melalui hardware atau software, untuk secara hardware anda hanya perlu memastikan seluruh koneksi kabel telah terpasang dengan benar dari motherboard ke casing komputer anda. Kalau anda malas membongkar komputer anda untuk memeriksa kabel – kabel yang terpasang, anda bisa menggunakan metode software.

Untuk mematikan peringatan Warning! Open case detected! atau Warning: Chassis Intrusion secara software dapat anda lakukan dengan mengakses setting panel BIOS atau UEFI dari motherboard anda.

Anda dapat mengakses setting BIOS atau UEFI dengan menekan tombol F2 atau DEL pada saat komputer booting.  Carilah opsi mengenai monitoring hardware di salah satu menunya, setiap jenis BIOS berbeda lokasinya.

asus-bios

Pilih H/W Monitor dan ubah Case Open Feature ke Disabled (tentunya adaptasikan dengan menu yang ada di BIOS anda, mungkin bahasa atau istilah yang digunakan berlainan), setelah anda menyimpan perubahan ini dan merestart  komputer anda niscaya peringatan sebelumnya tidak akan muncul lagi.