Cara Mengatasi “Reboot and Select Proper Boot Device”

Cara Mengatasi “Reboot and Select Proper Boot Device”

Hal ini baru saja saya alami saat menyalakan komputer bukannya masuk ke Windows malah muncul pesan error “Reboot anda Select proper Boot device or Insert Boot Media in selected Boot device.”. Waduh apanya yang rusak ini dan apa yang perlu diperbaiki, padahal sudah yakin tidak ada masalah sebelumnya.

Sebelumnya, saya jelaskan dulu apa sebenarnya arti pesan kesalahan “Reboot and Select proper Boot device or Insert Boot Media in selected Boot device.” ini. Error ini memberitahukan bahwa ada komputer tidak bisa melakukan booting pada perangkat yang anda tentukan. Perangkat ini bisa saja harddisk, SSD, USB flashdisk, DVD Drive dan semacamnya.

Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini? Jangan bingung dulu, anda bisa mencoba melakukan beberapa solusi berikut.

Cek Kabel Yang Terhubung Di Komputer Anda

Mungkin kabel yang terpasang dalam komputer anda agak kendor sehingga komputer tidak mampu mengenalinya lagi. Maka lebih baik cek dan pasang ulang kabel – kabel yang terpasang. Sekaligus membersihkan dan merapikan hardware anda, sambil menyelam minum air lah.

Ubah Prioritas Booting Pada BIOS

Bisa saja prioritas booting menggunakan sumber yang salah, ini bisa disebabkan kesalahan setting BIOS. Solusinya ya akses BIOS atau UEFI komputer anda dan ganti urutannya, atau sekalian saja bootingnya hanya dari lokasi instalasi Windows anda berada.

dell-boot-options-old

Pastikan Media Yang Anda Masukkan Memang Bootable

Ini kadang terjadi pada saat instalasi Windows dari DVD atau media lainnya. Jadi installer Windows itu sebenarnya ada versi yang non-bootable, jadi walau anda mau jungkir balik bagaimanapun juga kalau salah ISO Windowsnya jelas tidak akan bisa. Solusinya? Ya cari setup Windows yang bootable.

Sementara ini cara – cara diatas adalah yang paling umum untuk memperbaikinya, kalau ada metode lainnya akan saya update.