Cara Mengatasi “Selected Boot Image Did Not Authenticate”

Cara Mengatasi “Selected Boot Image Did Not Authenticate”

Kali ini IT Konsultan Jakarta akan membahas tentang “Cara Mengatasi Selected Boot Image Did Not Authenticate”. Masalah ini tampaknya hanya terjadi pada laptop dengan merek HP (Hewlett Packard) yang menggunakan varian dari Windows 8. Jadi pada saat menyalakan komputer akan muncul pesan error “Selected boot image did not Authenticate.  Press <Enter> to continue.”, masalahnya kalau ditekan tombol ENTER maka akan langsung mati dan ini tidak bisa dilewati.

Jadi kita bicarakan dulu apa penyebab error ini, gagalnya booting dengan pesan kesalahan tadi ini dikarenakan fitur Secure Boot yang sekarang lazim terdapat dalam UEFI di BIOS. Fungsinya sebenarnya untuk mengamankan supaya komputer tidak bisa booting dari media yang tidak dikenali atau ilegal. Tapi kadang – kadang ya ada kerusakan atau masalah yang malah menghalangi fungsi booting komputer.

Dari penjelasan saya mengenai kenapa terjadinya error ini dapat diketahui apa solusinya, yaitu dengan mematikan fitur Secure Boot di BIOS. Ikuti saja langkah – langkah berikut ini yang berdasarkan BIOS di notebook HP:

  1. Akses BIOS saat komputer dinyalakan, ini bisa dengan menekan tombol EscapeF2Delete tergantung jenis BIOSnya.
  2. Buka System Configuration dan cari Boot Options, biasanya terletak di paling bawah.
  3. Anda seharusnya akan menemukan opsi Secure Boot, ubah nilainya dari Enabled menjadi Disabled.
  4. Tekan Enter untuk menyimpan konfigurasi BIOS baru ini.
  5. Kemudian keluar dari BIOS dan akan otomatis reboot komputer anda.

Seharusnya error ini sudah berhasil diatasi dan tidak akan muncul lagi. Semoga berhasil.