Cara Mengatasi This app is preventing shutdown pada Windows

Cara Mengatasi This app is preventing shutdown pada Windows

Kali ini IT Konsultan Jakarta akan membahas tentang “Cara Mengatasi This app is preventing shutdown pada Windows“. Saya mengalami masalah sepele di Windows 7, dan saya perhatikan ini juga terjadi di Windows 8, 8.1 juga 10 karena pada dasarnya sistemnya serupa. Jadi kasusnya niatnya sudah berhenti memakai komputer dan sudah menjalankan proses shutdown. Ya kan ditinggal dan tidak perlu ditunggu karena nanti mati sendiri. Ternyata sudah ditinggal tidur dan sampai pagi kok masih belum mati juga.

Jadi yang muncul ada sebuah jendela berisi pesan bahwa proses shutdown tertahan karena adanya beberapa program atau aplikasi yang masih aktif:
Closing apps and shutting down
To go back and save your work, click Cancel and finish what you need to.

atau
[Nama aplikasi]
This app is preventing shutdown

Pesan peringatan serupa juga bisa muncul saat anda melakuka restart atau sign-out akun username Windowsnya. Kalau anda sempat menunggu sesaat maka bisa secara manual menginstruksikan agar tetap dimatikan dengan klik Shutdown anyway.

Aslinya pencegahan restart atau shutdown Windows ini berfungsi mengingatkan anda bahwa ada beberapa program yang belum disimpan data terbarunya. Siapa tahu ada hal penting yang perlu disimpan dahulu, misal dokumen kerja dan skripsi. Jangan sampai hilang kan?

Tapi kalau hal ini mengganggung anda maka tentu saja bisa kita matikan, cuma bisa lewat registry. Jadi jalankan dulu run command atau cari dari Start Menu dan isikan regedit, kemudian jalankan.

windows-7-run-command-regedit

Selanjutnya buka lokasi berikut HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop , klik kanan dan pilih New > String key kemudian isikan AutoEndTasks. Nilainya isikan 1 menandakan aktif, dan 0 untuk nonaktif. Akhirnya restart komputer agar setting baru ini diterapkan pada Windows.

regedit-autoendtasks

Nantinya setiap ada aplikasi yang memberi sinyal ke Windows ada yang belum selesai akan dimatikan tanpa pandang bulu. Jadi pastikan dulu anda sudah menyimpan dan menutup semua program yang aktif sebelum memilih shutdown. Efeknya proses shutdown juga agak lebih cepat dari biasanya.