IT KONSULTAN JAKARTA

Cara Mengatasi “USB Device Over Current Status Detected!!”

Posted On By Naufal
Cara Mengatasi “USB Device Over Current Status Detected!!”

Kali ini IT Konsultan Jakarta akan membahas tentang “Cara Mengatasi USB Device Over Current Status Detected!!”. Apakah anda mengalami hal yang sama? Ini adalah pesan error yang muncul pada BIOS, dan yang pertama kali saya temukan pada saat memperbaiki printer yang tidak dikenali pada komputer kantor. Jadi selain pesan kesalahan umum seperti CMOS Checksum Error ternyata juga muncul pesan:

USB Device Over Current Status Detected!!
System Will Shutdown After 15 Seconds.

Dan komputer tersebut akan mati sendiri atau hang setelah muncul pesan itu.

Penyebab error ini adalah daya listrik (voltase) yang berlebihan pada port USB, dan ini memiliki resiko paling buruk merusak motherboard anda. Semoga bukan ini yang terjadi.

Jadi apa saja solusi yang mungkin bisa mengatasi masalah ini? Ada beberapa dan besar kemungkinan anda harus membongkar casing PC atau laptop anda. Mari kita mulai dari yang paling mudah dan tidak perlu mengutak – atik hardware yang terpasang.

Perangkat USB rusak

Siapa tahu memang hardware (bisa Keyboard, Mouse, Flashdisk, Printer, DVD Drive, charger handphone, kabel data, dan sebagainya) yang menggunakan port USB sudah rusak. Coba lepaskan seluruh perangkat yang menggunakan USB dan kemudian nyalakan kembali komputernya, kalau pesan kesalahan tadi tidak muncul kembali berarti cek satu per satu perangkat USB anda dan cari yang rusak.

Port USB rusak

Masih berhubungan dengan cara sebelumnya, kalau berhasil booting tanpa ada USB yang terpasang maka coba pasangkan satu per satu di slot USB yang berlainan. Siapa tahu memang rusaknya malah dari port USB yang ada:

  • Kalau ini yang anda alami maka lepaskan kabel USB bila port yang bermasalah berada di depan (front panel), ini bisa dikarenakan pin USB bengkok.
  • Jika berada di belakang maka sebaiknya anda matikan port USBnya melalui BIOS dan atau slotnya ditutup selotip dan label bahwa rusak jangan dipakai.

Jumper listrik USB

Beberapa jenis motherboard memiliki jumper untuk pengaturan daya listrik ke port USB. Pastikan voltasenya sudah benar berdasarkan manual dari motherboard anda.

Port USB Korsleting

Ini jarang terjadi sih, tapi bisa jadi adalah masalah ground pada motherboard dan mempengaruhi port USB. Kalau anda berani membongkar PC anda maka lepaskan motherboard dari casingnya dan letakkan diatas papan kayu atau kardus untuk mencegah konduksi listrik dari sekitarnya, kemudian hidupkan lagi. Jika tidak tampil lagi errornya maka beri alas pada komputer anda setelah memasang kembali motherboardnya.

Saya peringatkan saja, karena jenis kerusakan ini berhubungan dengan hardware maka bila tidak pernah membongkar komputer saya sarankan untuk diserahkan ke teknisi atau service komputer saja.

Kalau seluruh cara diatas tidak berhasil juga memperbaiki error ini maka kabar buruknya besar kemungkinan motherboard anda sudah saatnya diganti.