IT KONSULTAN JAKARTA

Cara Mengatasi Windows Gagal Shutdown

Posted On By Naufal
Cara Mengatasi Windows Gagal Shutdown

Kali ini IT Konsultan Jakarta akan membahas tentang “Cara Mengatasi Windows Gagal Shutdown“. Saya mengalami kasus yang cukup aneh pada salah satu laptop di kantor, dimana saat ingin mematikannya lewat tombol shutdown seperti biasanya kadang malah gagal. Yang terjadi layarnya tetap menjadi hitam/kosong seperti seharusnya, tapi lampu LED indikator dan suara kipasnya tetap aktif.

Masalahnya frekuensi masalah shutdown ini tidak mesti terjadi, tapi cukup mengganggu juga. Oh ya, pada laptopnya terinstall Windows 10.

Dari diagnosa saya tampaknya ada sesuatu yang mencegah sistem operasi untuk memberhentikan proses yang sedang berjalan untuk kemudian dishutdown. Karena aplikasi terinstall sudah saya setting dan pastikan tidak aktif pada background, maka saya yakin ini penyebabnya adalah Windows itu sendiri.

Solusinya? Setelah bereksperimen dengan beberapa setelah Windows 10 yang berhubungan dengan proses booting/shutdown saya menemukan satu caranya: Memastikan Fast Startup.

  1. Buka Control Panel.
  2. Klik pada Power Options.
  3. Pilih Choose what the power buttons does.
  4. Dalam Shutdown Settings hilangkan centang pada opsi Turn on fast startup (recommended).
  5. Simpan perubahan setelan.

Setelah saya menonaktifkan fitur Fast Startup hasilnya dalam 1 bulan tidak pernah terjadi lagi proses shutdown yang bermasalah. Tapi efek sampingnya saat menghidupkan laptop sampai masuk ke layar desktop menjadi lebih lama dari biasanya.