IT KONSULTAN JAKARTA

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop/PC Secara Permanent

Posted On By Naufal

Kali ini IT Konsultan Jakarta akan membahas tentang “Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop/PC Secara Permanent“. Laptop atau pc kita menjadi sebuah benda penting, yang menyimpan berbagai data penting. Apalagi yang setiap harinya bekerja di depan laptop. Benda ini menjadi sebuah benda berharga yang harus dijaga dengan sebaik mungkin. Ketika tiba-tiba semua data hilang begitu saja, pasti akan membuat kita panik. Bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di laptop/pc secara permanent? Tak perlu khawatir, saat ini ada aplikasi recovery yang dapat digunakan untuk mengembalikan file terhapus. Tapi sebelum memakai aplikasi tersebut, pastikan untuk tidak menambah data baru atau menginstal aplikasi baru ke laptop atau pc anda terlebih dahulu. Sehingga semua file bisa dikembalikan. Inilah aplikasi recovery terbaik yang dapat anda gunakan.

 

Stellar Phoenix 

Stellar phoenix termasuk aplikasi recovery ampuh mengembalikan data terhapus. Dapat mengembalikan data dari hard disk, CD, usb driver, DVD maupun sd card. Stellar phoenix ini juga dapat digunakan untuk mengembalikan semua jenis file. Dari file dokumen, musik, gambar, atau video.

 

R-Studio

R-studio menjadi aplikasi recovery terbaik yang tidak boleh kita lewatkan. Mudah untuk digunakan dan aman mengembalikan berbagai macam data. Anda dapat mencari file tertentu atau keseluruhannya. Hampir semua jenis data bisa anda kembalikan dengan mudah.

 

Data Rescue PC

Kalau anda mencari aplikasi yang dapat mengembalikan data di semua perangkat dengan cepat, data rescue pc ini menjadi jawaban paling tepat. Karena data rescue pc bisa mengembalikan dari harddisk sudah tidak dipakai dalam waktu lama sekalipun.

 

Pandora Recovery

Pandora recovery memakai wizard untuk proses pengembalian datanya. Jadi anda akan dipandu menemukan dokumen tersebut. Cocok untuk para pemula, yang masih bingung menggunakan aplikasi recovery. Pertama anda akan disuruh untuk cek di recyclye bin terlebih dahulu, kemudian memilih metode recovery mana yang cocok untuk dokumen tersebut Pandora recovery ini menyediakan tiga metode. Ada pencarian file secara manual. Pencarian berdasarkan ukuran, nama atau jenis file dan pencarian menggunakan deep scan. Jadi tinggal pilih metode mana yang paling bagus.

 

Ease Us Data Recovery Wizard

Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop/pc selanjutnya dapat memakai ease us data recovery wizard. Software ini memiliki fitur lengkap. Tidak hanya bisa mencari file yang hilang tetapi juga drive yang rusak. Hasil pencariannya, akan langsung dikelompokan berdasarkan jenis file. Sehingga lebih mudah untuk dicari nantinya. Ada dua versi, ada versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratis, anda bisa mengembalikan data sampai 1 GB saja. Selain digunakan untuk recovery, aplikasi ini dapat digunakan untuk backup data dan mengembalikan email yang terhapus.

 

Wise Data Recovery

Memiliki tampilan sederhana, sehingga pengoperasiannya pun mudah. Hanya ada beberapa tombol saja. Seperti tombol pencarian dan tombol mengembalikan data. Tinggal klik dibagian tombol pencarian, maka sistem akan langsung mencari dokumen terhapus secara permenant. Dapat digunakan di windows 7 ke atas. Entah itu yang 32 bit maupun 64 bit. Bahkan dapat digunakan di sistem operasi mac. Tidak ada batas pencarian data. Jadi anda bisa mencari data sepuasnya sampai ukuran berapapun.

 

Artplus Digital Photo Recovery

Aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk mengembalikan file berbentuk video, foto atau audio saja. Untuk dokumen lainnya tidak bisa. Oleh karena itu, selain banyak digunakan di pc. Juga sering digunakan untuk mengembalikan file dari smartphone. Seperti iphone, windows phone atau android. Untuk tampilannya pun mudah digunakan dan ringan. Sehingga tidak akan membuat laptop atau pc anda eror.

 

Recuva

Recuva ini cocok digunakan untuk para pemula. Karena terdapat wizard akan membantu anda menemukan data hilang. Berbagai format disk didukung oleh software ini. Dari exfat, FAT atau NTFS. Anda juga bisa melihat preview filenya terlebih dahulu, yang berbentuk gambar. Tidak ada minimum pencarian dokumen. Tapi sayangnya, proses pencarian bekerja lebih lambat. Apalagi datanya berukuran besar. Untuk hasilnya lebih menyeluruh, karena bisa mencari file yang terhapus dengan permanent. Jika anda malas untuk instal di laptop, bisa gunakan versi portablenya.

 

Undelete 360

Undetelet 360 ini juga bisa digunakan untuk mengembalikan semua jenis dokumen. Dari video, audio, foto, pdf dan file lainnya, prosesnya cepat dan mampu mencari data lama. File akan tetap bekerja dengan baik dan tidak rusak. Sayangnya aplikasi ini terlalu banyak iklan menganggu. Tidak hanya bekerja di laptop atau pc saja. Tetapi juga di perangkat lainnya.

Dari semua aplikasi recovery terbaik diatas, tentunya bisa membantu anda mengembalikan data yang hilang. Tinggal pilih pling baik untuk laptop atau pc anda. Sekian artikel tentang cara mengembalikan file yang terhapus di laptop/pc. Semoga memberikan informasi bermanfaat.