IT KONSULTAN JAKARTA

Cara Mengetahui memori yang cocok untuk komputer

Posted On By Naufal
Cara Mengetahui memori yang cocok untuk komputer

Kali ini IT Konsultan Jakarta akan membahas tentang “Cara Mengetahui memori yang cocok untuk komputer“. Salah satu komponen yang paling mudah diupgrade atau diganti dan memang terasa pengaruhnya adalah RAM (Random Access Memory). Untuk performa komputer secara umum dengan menambahkan kapasitas memori maka akan terasa lebih ringan dibandingkan sebelumnya. Yang jadi masalah adalah kadang kita tidak tahu jenis RAM yang cocok untuk PC atau laptop kita.

Nah… ada caranya kok untuk mengetahui yang paling cocok itu memori bertipe apa. Tidak perlu membongkar atau membaca manual motherboard. Yang paling pertama adalah memanfaatkan program CPU-Z dan pindahkan tabnya langsung ke bagian SPD, pilih slot memorinya untuk melihat informasi yang telah terpasang.
cpu-z-spd

Saya contohkan pada netbook Acer Aspire One D270, ternyata RAM aslinya adalah DDR3 PC-10700 (standarnya PC-10800) jadi nanti yang kita perlukan adalah dengan jenis yang sama atau bisa lebih bagus spesifikasinya tapi ini perlu diagnosa lebih lanjut.

Untuk membuat kita lebih yakin apakah sudah akurat maka saya sarankan kita menjalankan program Crucial System Scanner, tinggal anda download dan jalankan. Nanti akan muncul daftar perangkat yang bisa diupgrade.
crucial-system-scanner

Ternyata dari hasil analisanya kita bisa menggunakan memori DDR3L PC 12800, ini jelas lebih baik dibandingkan kalau sama spesifikasi RAMnya dengan yang sudah ada. Saya juga baru tahu kalau kapasitas memori maksimalnya adalah 2GB dari halaman ini, cek di bagian kiri ya. Mencegah kita membeli modul RAM yang salah jadinya. Dan juga ada tawaran mengganti Harddisk ke SSD.

Tapi kalau slot memori anda ada 2 dan satunya kosong maka yang sudah ada jangan diganti. Jadi anda tambahkan RAM baru saja dan ini baru sebaiknya spesifikasinya sama atau mirip dengan yang sudah terpasang. Untuk lebih menjamin kompatibilitasnya, dan siapa tahu ada fitur dual channel yang jelas membantu kinerja komputer.