IT KONSULTAN JAKARTA

Cara Meremote Komputer Dari Jarak Jauh Dengan Mudah

Cara Meremote Komputer Dari Jarak Jauh Dengan Mudah

Cara Meremote Komputer Dari Jarak Jauh Dengan Mudah

 

Cara Meremote Komputer Dari Jarak Jauh Dengan Mudah

 

Pernahkah anda dimintai tolong untuk memperbaiki sebuah komputer atau laptop teman maupun kerabat anda ?, tapi anda tida ada ditempat dan hanya bisa menginstruksikan melalui telepon saja, tentu saja itu bisa anda lakukan tapi bagaimana jika yang di instruksikannya tidak memahami seputar komputer, tentunya itu akan menjadi persolan yang rumit.

Disini saya akan memberikan sebuah tips untuk anda yang mendapatkan persoalan seprti diatas, yaitu dengan cara me-remote komputer dari jarak jauh dengan mudah, ada dua cara yaitu dengan mengunakan remote Desktop  atau dengan mengunakan sebuah aplikasi.

Pertama kita akan membahas cara yang pertama.
Cara me remote komputer dengan remote desktop

  1. Pertama-tama aktifan remote desktop pada komputer yang akan diakses,  Pertama anda buka  Windows Explorer atau juga bisa dengan menggunakan kombinasi keyboard yaitu (Logo Windows + E).
  2. Selanjutnya anda Klik Kanan di “Computer” dan pilih “Properties”. Jika kurang paham anda bisa lihat gambar  dibawah ini  :

Cara Meremote Komputer Dari Jarak Jauh Dengan Mudah

 

  1. Selanjutnya anda Klik Tab Remote. Kemudian di  bagianRemote Destop .  jangan lupa anda centang pada tulisan “Allow users to connect remotely to this computer”. Jika sudah di centang anda Klik Apply lalu Klik OK

Cara Meremote Komputer Dari Jarak Jauh Dengan Mudah

Settingan yang tertera di gambar di atas berlaku di semua komputer atau laptop yang akan di lakukan remote (host/clientnya). Jika anda ingin melakukan remote (host/client) anda harus mengetahui hostname/ip komputer berserta user name komputer tersebut (Lokal) , oh ya kompute atau laptop client juga anda harus beri pasword.

  1. Jika anda sudah melakukan di atas, sekarang waktunya anda  remote desktop. Caranya dengan membuka menu Start > All Programs > Accessories >CommunicationsRemote Desktop Connection. Atau denga membuka  Run, selanjutnya anda  ketikkan perintah “mstsc” dan maka  akan tampil seperti gambar dibawah ini  :

Cara Meremote Komputer Dari Jarak Jauh Dengan Mudah

  1. Pada gambar diatas anda di harus untuk mengisi alamat ip komputeryang akan anda remote (client), username dan password. Kita contoh di atas yaitu “PUSINTEKPC2-36” yang merupakan hostname dan “pusintek” merupakan username dari komputer client yang akan di remote. Jika anda sudah setting dengan benar selanjutnya anda Klik Connect.
  2. Finish.

 

cara yang kedua yaitu :

cara me remote komputer dengan mengunakan aplikasi

Di bagian ini saya akan menjelaskan cara me-remote Koputer dari jarak jauh dengan menggunakan aplikasi, saya mengunakan aplikasi Team Viewer, anda bisa download aplikasinya disini.

Aplikasi Team Viewer  ini  mampu mengatasi semua masalah komputer dalam satu paket dengan dukungan dan Akses Jarak Jauh melalui Internet. TeamViewer terkoneksi ke PC atau server mana saja di seluruh dunia hanya dalam beberapa detik. anda bisa mengontrol PC dari jarak jauh, seolah-olah anda sedang duduk di depan layar komputer milik anda sendiri.

Team Viewer kompatible dengan Microsoft windows, Mac OS X, Linux, iOS dan Android

ok lansung aja, pertama-tama instal dulu aplikasi Team Viewer tersebut di komputer yang akan me-remote,  buka file yang terdownload tadi untuk mengeksekusi pengaturan.

saat instalasi pilih basic installation dan Personal/non Commercial untuk penggunaan peribadi atau company-commercial jika anda memiliki lisensi.
tandai “Show advanced  settings” jika anda ingin mengubah jalur instalasi.
klik finish setelah memilih pilihan anda.

Cara Meremote Komputer Dari Jarak Jauh Dengan Mudah

Instal juga di komputer yag ingin anda remot seperti cara di atas.
jika telah selesai menginstal maka komputer anda telah siap untuk me remote komputer lain.
Buka apliksa Team Viewer di komputer yang anda gunakan dan komputer yang akan anda remote.
Anda akan melihat ID pada Password. Masukan nomer ID yang ada di komputer yang akan diremote kompter kedalam Partner ID. dan clik Connect to Partner.
Bila diminta, masukan password yang di sediakan di komputer yang akan anda remote.
Sekaran anda memiliki akses penuh ke dalam komputer yang anda remote.

Mudah bukan cara remote komputer dari jarak jauh, sekarang anda tidak perlu repot-repot menerangkan kepada teman atau sodara anda yang gaptek, anda bisa melakukan sendiri ditempat sekarang anda berada tanpa harus mendengarkan keluhan dari mereka

Terimakasih telah berkunjung semoga artikel ini bisa bermanpaat. Jika anda suka dengan artikel tersebut jangan lupa like dan share ke Fb, Twitter, Google+ atau lainnya.