IT KONSULTAN JAKARTA

Cara Mudah Mengatasi Komputer No Signal

Posted On By Naufal
Cara Mudah Mengatasi Komputer No Signal

Cara Mudah Mengatasi Komputer No Signal-Pada kesempatan kali ini admin akan mengulas mengenai Cara Mudah Mengatasi Komputer No Signal

Cara Mudah Mengatasi Komputer No Signal

Dalam hal ini pernahkah komputer anda mengalami komputer no signal? Jika ya, disini admin akan berbagi bagaimana caranya mengatasi komputer no signal,

Jadi jika anda mengalami masalah kaya gini jangan panik terlebih dahulu, mudah-mudahan masalah ini bisa anda atasi atau bisa memperbaiki masalah komputer no signal sendiri selagi masalah tersebut bukan komponen komputernya yang rusak.

Komputer no signal biasanya muncul dilayar monitor komputer anda, yang dimaksud dengan monitor adalah bagian dari output dalam sebuah perangkat keras komputer yang sangat penting keberadaannya.

Karena hanya lewat monitor tampilan hasil pekerjaan yang kita buat dengan komputer dapat kita lihat. Bagi kita yang menggunakan komputer dengan mengandalkan visualisasi, peran monitor sangat penting,

Karena tanpa monitor kita tidak akan bisa menggunakan komputer. Akan tetapi untuk yang menggunakan komputer yang diutamakan hanya suaranya saja, mungkin monitor bukan hal yang penting.

Akan tetapi monitor itu tidak selama nya normal dan bagus, tetapi monitor juga bisa rusak. Baik itu rusak karena kurangnya perawatan, karena usia pemakaian yang sudah terlalu lama, atau juga karena pemakaian yang kurang baik.

Ada banyak penyebab lain yang mengakibatkan hilangnya signal dari CPU ke monitor, sehingga monitor tidak bisa memperlihatkan tampilan yang seharusnya.

Berikut beberapa penyebab monitor komputer menampilkan pesan no signal, yaitu:

  • Monitor rusak
  • Kabel VGA yang menghubungkan CPU dan Monitor kendor atau serat kabel ada yang putus.
  • Komputer kepanasan
  • VGA Rusak atau Driver V
  • Memori komputer kotor
  • Kipas CPU rusak atau tidak berfungsi, sehingga processor
  • Motherboard rusak

Sesuai dengan pesan kesalahan pada monitor yaitu no signal jika anda menemui kerusakan seperti itu adalah yang harus dilakukan yaitu:

Periksa kabel monitor (VGA)

Kabel yang terhubung atau menghubungkan monitor dengan CPU komputer. Apakah sudah terpasang dengan baik dan benar? Jika sudah dilakukan akan tetapi masih tetap saja tidak ada perubahan tetap muncul no signal pada monitor komputer anda. Yang coba dilakukan yaitu ganti kabelnya dengan kabel VGA yang normal pada komputer lain.

Periksa Port HDMI

Selain kabel VGA yang bermasalah, port HDMI bisa juga bermasalah, selain karena usianya yang sudah lama, dari pemakaian yang kurang baik juga bisa membuatnya rusak.
Misalkan anda memasang kabel HDMI pada port dengan tergesa-gesa dan memaksa hingga menyebabkan pin pada port menjadi bengkok.

Periksa RAM 

Jika kabel VGA dan port HDMI tidak ada masalah, coba cek RAM Apakah sudah terpasang dengan sempurna? Jika sudah namun tetap tidak ada perubahan.

Copot RAM dan bersihkan kuningan pada RAM dengan penghapus pensil kemudian pasangkan lagi. Apakah ada perubahan? Jika tidak ada perubahan coba ambil RAM lainnya yang masih bagus atau bisa ambil/minjam ke komputer lainnya dulu kemudian cobalah pasang lagi ke komputer.

Jika cara diatas belum menyelesaikan permasalahan kemungkinan VGA-nya yang rusak. Cobalah pake VGA eksternal apakah ada perubahan? periksa juga apakah komponen seperti CMOS, dan  power supply bekerja dengan baik.

Clear CMOS 

Cara ini cukup ampuh dalam mengatasi Monitor tidak tampil atau No signal caranya dengan mencabut baterai CMOS dan di pasangkan kembali maka otomatis setingan pada bios akan kembali ke default

Periksa Motherboard

Jika semua cara diatas sudah anda lakukan, kemungkinan Motherboard-nya yang bermasalah atau rusak, motherboard merupakan rumah tempat semua komponen inti komputer dipasang.

Permasalahan yang terjadi pada motherboard akan sangat mempengaruhi kinerja sistem komputer. Seluruh perangkat input dan output yang tersambung tidak akan dapat berjalan dengan baik, jika motherboard mengalami masalah. Bisa menyebabkan hilangnya signal dari CPU ke layar monitor komputer.

Note: anda bisa minta bantuan teman yang sudah mahir komputer atau pergi ke tukang service komputer jika permasalah no signal komputer anda belum bisa diatasi

Demikianlah ulasan singkat yang bisa admin bagikan mengenai Cara Mudah Mengatasi Komputer No Signal. Semoga bermanfaat.