IT KONSULTAN JAKARTA

Ciri – Ciri CPU Bermasalah Atau Rusak

Posted On By Naufal
Ciri – Ciri CPU Bermasalah Atau Rusak

Kali Ini IT Konsultan Jakarta akan membahas tentang “Ciri – Ciri CPU Bermasalah Atau Rusak“. CPU (Central Processing Unit) atau prosesor merupakan otak dari komputer, segala proses komputasi akan menggunakannya. Jadi semakin tinggi kemampuannya maka akan semakin cepat prosesnya dan enteng dalam mengolah data apapun. Pentingnya peran CPU jelas akan berpengaruh pada kinerja komputer secara keseluruhan.

Merek CPU yang paling umum adalah dari Intel atau AMD, tapi apapun prosesor anda tidak ada perbedaan dari segi perawatan. Dari pengalaman saya jarang sekali bila prosesor rusak akan langsung mati tidak bisa digunakan. Biasanya sudah ada pertanda atau gejala kalau ada masalah dan perlu segera diatasi sebelum terlanjur menjadi barang rongsokan.
dell-inspiron-5437-i5-cpu-z

Muncul Bunyi Saat Menyalakan Komputer

Seperti yang kita ketahui setiap kali menghidupkan komputer akan melewati proses pengecekan komponen hardware oleh BIOS, dan kadang akan muncul suara “bip”. Bunyi ini bisa menandakan keadaan komputer anda apakah normal atau mengalami kerusakan.

ami-bios-cmos-settings-wrong

Bila muncul suara bip yang diluar kebiasaan maka segera bandingkan dengan tabel kode suara BIOS untuk mengetahui apa penyebabnya. Tergantung jenis BIOS anda bisa dicoba antara AMI BIOS dan Award BIOS.

Saat Beban Kerja Tinggi Komputer Tiba – Tiba Mati

Misal anda sedang menggunakan komputer untuk menjalankan program atau proses yang memaksimalkan kemampuan CPU dan tiba – tiba mati begitu saja. Ini menandakan bahwa prosesor anda terlalu panas suhunya dan sebelum terjadi kerusakan fatal BIOS anda mematikan seluruh daya yang ada secara paksa. Anda bisa mengecek temperatur CPU dengan menggunakan CoreTemp.

CoreTemp

Solusinya anda bisa mengecek ventilasi udara, bersihkan dari debu, ganti kipas yang terpasang, beri thermal paste ulang ke CPU, pasang Heatsink yang lebih bagus, dan sebagainya.

Error semacam ini juga bisa disebabkan RAM rusak atau GPU yang bermasalah.

Komputer Tidak Hidup Sama Sekali

Ini adalah kondisi yang paling parah, dan biasanya memang menandakan bahwa prosesor anda sudah wafat. Tapi jangan putus asa dulu, kadang Power Supply anda bisa menjadi penyebabnya. Silahkan lepas PSU anda, dan coba ganti dengan yang baru. Atau bisa juga dengan mencoba melepaskan kabel listrik untuk Harddisk bila ada lebih dari satu dan kemudian nyalakan lagi, ini untuk menguji apakah Power Supply anda sudah tidak mampu lagi menyalurkan daya.

Kerusakan hardware seperti CPU memang susah cara mengatasinya karena seringkali mau tidak mau kita harus membeli penggantinya yang baru. Penyebab utama kerusakan prosesor dan perangkat keras umumnya adalah panas dan sumber daya listrik tidak stabil. Jadi sering – sering bersihkan komputer anda dari debu, dan selalu gunakan Stavolt minimal untuk menstabilkan arus listrik.