IT KONSULTAN JAKARTA

File Read Test: Deteksi dini file yang rusak

Posted On By Naufal
File Read Test: Deteksi dini file yang rusak

Kali ini IT Konsultan Jakarta akan membahas tentang “File Read Test: Deteksi dini file yang rusak“. Meningkatnya kapasitas harddisk dengan pesat juga menambah banyak jumlah file yang anda simpan. Kalau anda seperti saya yang sering menyimpan file – file yang dirasa perlu di masa depan pasti perlahan – lahan menumpuk dan terlupakan. Karena itulah kita perlu rutin menguji kesehatan file – file tersebut daripada waktu dibutuhkan ternyata rusak dan tidak bisa digunakan.

File Read Test bisa menjadi jawaban anda, program ini bertugas untuk menguji file – file yang ada dengan dibaca dan diverifikasi apakah tidak ada masalah pada struktur filenya. Cara menggunakannya tinggal jalankan saja, pilih drive harddisk mana yang ingin dites (Drive to test) atau pilih spesifik satu file atau folder (Path to test), dan klik Start Test.

file-read-test

Tunggu proses pengujian membaca file, ini bisa memakan waktu cukup lama kalau harddisk anda berukuran besar dan isinya banyak file.

file-read-test-testing

Hasil diagnosa akan muncul di akhirnya, dan anda bisa mengetahui berapa dan file apa saja yang mengalami kerusakan – ini kalau ada. Jadi anda bisa mencari pengganti file tersebut atau mengembalikannya dengan menggunakan backup. Aplikasi ini menggunakan Java dan ekstensinya adalah .jar, jadi jangan bingung sewaktu mau menjalankannya.