IT KONSULTAN JAKARTA

Inilah Cara Ampuh Mengatasi Komputer Lemot

Inilah Cara Ampuh Mengatasi Komputer Lemot

Cara Ampuh Mengatasi Komputer lemot

Kali Ini IT Konsultan Jakarta Membahas tentang “Cara Ampuh Mengatasi Komputer Lemot / Lambat pada windows xp dan windows 7 maupun windows 8 “saat loading maupun saat bermain game, bisa saja karena ulah virus dan ternyata dapat mudah kita atasi jika kita ketahui caranya. Sistem operasi windows memang terkadang sangat lambat jika kita tidak rutin melakukan pembersihan pada sistem, menghapus file-file sampah dan melakukan defrag secara berkala. Komputer atau laptop yang lambat bisa juga dikarenakan karena ulah virus yang memang terkadang membuat kita pusing karena virus bisa berjalan di background windows kita.

Langsung saja ikuti langkah-langkah dan cara berikut ini :

1. Scan Virus dengan Antivirus terbaru

Penyebab utama dari lemot dan lambatnya komputer kita biasanya memang karena virus, virus bekerja secara life time dan membuat kinerja komputer menurun. Sebaiknya gunakan antivirus terupdate dan scan secara berkala, karena jika tidak sering diupdate maka ada varian baru dari virus. baca : Cara Mengatasi dan Menghapus Virus Shortcut

2. Defrag Hardisk

Proses defrag tidak boleh dianggap remeh karena proses defrag merupakan proses menata dan merapikan suatu objek didalam hardisk sehingga jika kita melakukan defrag maka object yang tersimpan di harddisk akan rapi dan kinerja harddisk menjadi cepat. Maka lakukanlah proses defrag secara berkala, misalnya sebulan sekali agar kinerja komputer sobat menjadi maksimal.

3. Hapus File Temporary dan File Sampah

File-file yang tidak berguna terkadang membuat harddisk kita menjadi lambat karena harddisk kita disesaki oleh file-file yang memang tidak terpakai sehingga file tersebut membuat lambat komputer kita, Untuk itu hapus atau uninstall aplikasi yang tidak terpakai juga, karena akan memberatkan komputer, yang terkadang aplikasi berjalan secara background di sistem.

4. Update Driver

Dalam beberapa kasus driver yang sobat gunakan expired atau kadaluarsa karena beberapa vendor driver melakukan update pada drivernya, sehingga jika sobat tidak melakukan update driver maka akan banyak sistem yang tidak berjalan dan tidak support yang mengakibatkan lambatnya komputer.

5. Cek dan Ganti Hardware

Hardware juga harus diperhatikan karena hardware yang sudah tua atau sudah soak harus diganti dengan yang baru, contohnya power supply, power supply berjalan secara terus menerus yang terkadang kinerja nya menjadi lambat jika tidak diganti atau dibersihkan. Memory RAM juga harus diperhatikan karena memory RAM juga bagian penting hardware komputer, jika memang sudah soak coba ganti dengan yang baru, jika memang masih bagus digunakan maka bersihkan RAM tersebut agar komputer dapat kembali berjalan secara optimal.