Cara memperbaiki BOOTMGR is Missing Windows 7

Cara memperbaiki BOOTMGR is Missing Windows 7
Cara memperbaiki BOOTMGR is Missing Windows 7

Cara memperbaiki BOOTMGR is Missing Windows 7

BOOTMGR is Missing

 

Mungkin dari kalian pengguna win 7 pernah menemukan/mengalami hal seperti gambar di samping ini, ini bukanlah pekerjaan yang dapat dilakukan dengan mudah untuk memperbaiki BOOTMGR is Missing Windows 7, akan tetapi dengan keuletan Anda, semua masalah akan teratasi. Kerusakan dengan peringatan seperti ini merupakan hal yang wajar terjadi. Masalah ini dapat muncul ketika komputer sedang start dan macet. Oleh karena itulah silakan simak Artikel Cara Memperbaiki BOOTMGR is Missing Windows 7 ini.

Hal ini terjadi karena saat booting komputer tidak dapat menemukan file bootmgr yang diperlukan oleh OS untuk menjalankan komputer pertama kali. Penyebab lumpuhnya bootmgr adalah bisa berasal dari software dan juga hardware.  Ada beberapa jenis “BOOTMGR is Missing” yang muncul pada komputer, diantaranya adalah :

  • BOOTMGR is missing Press Ctrl Alt Del to restart
  • BOOTMGR is missing Press any key to restart
  • Couldn’t find BOOTMGR

Sebelum kita membahas lebih jauh Cara Memperbaiki BOOTMGR is Missing Windows 7, Secara spesifik, BOOTMGR is missing terjadi dikarenakan oleh beberapa hal yaitu :

  1. File Windows 7 ada yang hilang atau terjadi konfigurasi
  2. BIOS yang jadul
  3. Kabel IDE mengalami kerusakan atau dalam keadaan longgar
  4. Booting yang tidak sempurna dari flash drive
  5. Bad sector pada harddisk ataupun kerusakan yang lain
  6. Trouble pada masalah update OS

Solusi Pertama:

Cek harddisk pada laptop / komputer Anda! pastikan Harddisk terpasang dengan benar pada port mainboard.
– Cek pengaturan Boot! Tekan F2 atau Del saat booting windows (setelah komputer di aktifkan), pastikan boot pertama pada harddisk yang terpasang pada komputer Anda. Atau tekan F12 untuk memilih boot jika pengaturan bios Anda mendukung.
– Pastikan hardisk Anda tidak rusak! (jika rusak ganti yang baru).

Solusi Kedua:

BOOTMGR is Missing

Ketika Anda mendapatkan kesalahan BOOTMGR is missing pada komputer silakan tekan Ctrl + Alt + Del untuk me-restart. Hal ini dilakukan jika solusi pertama dalam keadaan yang benar.

1. Masukkan cd atau flasdisk yang memiliki boot Windows 7 atau Windows 8 (lakukan hal ini sebelum mengaktifkan komputer).
2. Layar berikutnya Anda melihat pengaturan Language, Time and Currency and Keyboard boxes. Next>
3. Di sisi kiri bawah ada dua pilihan: “What to know before installing Windows”(Apa yang harus Anda tahu sebelum menginstal Windows) dan “Repair your computer”(Perbaikan komputer Anda).
4. Klik “Repair your computer”. Next
5. Windows kemudian akan mencoba untuk menemukan direktori instalasi untuk Windows, tergantung partisi dimana Anda menginstal windows.
6. Selanjutnya muncul layar dengan kotak yang disebut Opsi Pemulihan. Klik opsi pertama yaitu, Startup Repair.
7. Anda akan melihat kotak Perbaikan Startup dengan pesan “Startup Repair is checking your system for problems”. Jangan melakukan pembatalan hal ini dapat menambah kerusakan sistem windows Anda.
8. Ketika Repair windows dilakukan, komputer akan melakukan reboot. Jika lebih dari satu masalah mungkin reboot akan berulang dilakukan sampai perbaikan sistem anda benar-benar baik.

Solusi Ketiga:

BOOTMGR is Missing

Jika solusi kedua tidak menyelesaikan masalah, Anda dapat membuat kembali BCD store dengan menggunakan alat Bootrec.exe di Windows Recovery Environment. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah solusi kedua sampai langka ke 6 yaitu munculnya kotak dialog System Recovery Options:

– Dalam Pemulihan kotak dialog System Options (kotak dialog System Recovery Options), klik Command Prompt.
– Type bootrec / RebuildBcd kemudian tekan ENTER

• Jika Bootrec berjalan sukses, akan jalur instalasi direktori Windows. Untuk menambahkan entri ke BCD store, ketik Ya. Sebuah pesan konfirmasi muncul yang menunjukkan entri tersebut ditambahkan.

• Jika Bootrec tidak dapat menemukan instalasi Windows yang hilang, Anda harus menghapus BCD store, dan kemudian Anda harus kembali membuatnya. Untuk membuat BCD store, ketik perintah berikut dalam urutan yang ditunjukkan di bawah ini: (Ingatlah untuk tekan ENTER setelah setiap perintah!)

bcdedit / export C:\BCD_Backup

ren c: \ boot \ bcd bcd.old

bootrec / RebuildBcd

– Restart komputer Anda.

jika cara diatas masih tidak juga berhasil anda bisa menghubungi kami disini dan anda akan langsung mendapatkan pelayanan dari pakar para IT.

sekian artikel kali ini semoga bisa membatu masalah anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Blue Captcha Image

*